Pengertian Perusahaan Perorangan Serta Berbagai Kelemahan Dan Kelebihannya

Diposting pada
Perusahaan Perorangan ~ Bisa dikatakan kalau badan usaha perorangan adalah badan usaha yang paling tua dan juga paling sederhana. Pengertian dari badan usaha perorangan adalah sebuah perusahaan yang dikelola, dimiliki, dan dikendalikan oleh satu orang pemilik saja.
Modal usaha yang dimiliki hanya milik dari pemilik perusahaan ini saja. Pemilik perusahaan dalam perusahaan perorangan juga merupakan pengelola, pengusaha dan juga pemimpin dari perusahaan. 
Untuk mengembangakan usahanya, pemilik dari perusahaan perseorangan bisa menggunakan modal pinjaman. Semua harta pemilik menjadi jaminan semua utang perusahaan, hal ini karena harta kekayaan pemilik tidak dipisahkan dengan harta perusahaan.
Dengan kata lain pemilik memiliki tanggung jawab yang tidak terbatas. Walau begitu keuntungan dari usaha ini menjadi milik pemilik perusahaan tersebut. Di Indonesia tidak ada aturan khusus yang mengatur perusahaan perorangan, namun untuk beberapa kegiatan usaha harus memiliki izin dari pemerintah Daerah Setempat.
Karena modal yang dimiliki hanya milik pribadi dan pinjaman, sehingga membuat modal menjadi terbatas. Sehingga umumnya usaha perorangan tergolong dalam usaha kecil. Contoh dari perusahaan perorangan adalah seperti bengkel, laundry, salon kecantikan, rumah makan, toko kelontong, tukang mie ayam keliling, persewaan komputer, pedagang asongan dan yang lainnya.
Di bawah ini akan dijelaskan mengenai kelebihan dan kekurangan dari badan usaha milik perorangan.
Pengertian Perusahaan Perorangan Serta Berbagai Kelemahan Dan Kelebihannya

Perusahaan Perorangan, Kelabihan dan Kelemahannya

Kelebihan Perusahaan Perorangan

Kelebihan dari perusahaan perorangan antara lain adalah :
  1. Mudah untuk mendirikan usaha dan mudah juga untuk membubarkannya.
  2. Rencana, modal, keputusan dan kebijakan usaha dipegang penuh oleh pemilik perusahaan.
  3. Keuntungan yang diperoleh dari usaha di miliki secara penuh oleh pemilik.
  4. Manajemen bersifat flesibel.
  5. Biaya pengorganisasian dan untuk pembubaran rendah.
  6. Pemilik memiliki kuasa untuk menjual bisnisnya kepada siapa saja yang dikehendaki.
  7. Pemilik perusahaan perorangan tidak membayarkan pajak penghasilan sebagai bisnis sendiri.
Baca Juga >>>  Tips Mencegah atau Menghindari Kerugian Usaha

Perusahaan perorangan memang merupakan bentuk badan usaha yang paling murah, mudah, sederhana, dapat dikelola sendiri, bersifat rahasia dan juga luwes. Namun walau memiliki beberapa keuntungan badan usaha perorangan juga tetap memiliki beberapa kelemahan.
[post_ads]

Kelemahan Badan Usaha Perusahaan Perorangan

Kelemahan atau kekurangan dari badan usaha perusahaan perorangan adalah sebagai berikut :

  1. Memiliki keterbatasan pada sektor modal yang dapat di investasikan. Hal ini merupakan kelemahan utama pada badan usaha perusahaan perorangan. Orang lain yang ingin menginvestasikan modalnya sangatlah terbatas jumlah modalnya. Pemberi pinjaman juga seringkali enggan untuk meminjamkan modalnya karena pemilik modal belum tahu mengenai sifat pemilik usaha tersebut.
  2. Pemilik perusahaan perorangan memiliki tanggung jawab terhadap resiko yang mungkin terjadi secara penuh dan tidak terbatas.
  3. Dalam kasus tanggung jawab apabila pemilik mendapatkan laba yang tinggi maka akan mengakibatkan perusahaan dikenai tarif pajak penghasilan yang lebih tinggi dari pada bentuk badan usaha perseroan.
  4. Pemusatan kendali perusahaan perorangan yang hanya pada pemilik saja membuat berkurangnya motivasi dari para karyawan yang ingin ikut ambil bagian dalam bisnis di tempat kerja secara finansial.
  5. Kematian atau ketidakcakapan dari pemilik perusahaan perorangan akan mengakibatkan berakhirnya  bisnis.

Itulah beberapa pengertian, kelebihan dan kekurangan dari badan usaha perusahaan perorangan. Bila Anda ingin membuka bisnis dan masih belum begitu mengerti mengenai bentuk badan usaha yang lain, Anda bisa menggunakan badan usaha milik perseorangan ini untuk menciptakan perusahaan Anda sendiri.

Gambar Gravatar
Saya bekerja di perusahaan Marine Service, saya juga seorang publisher dan aktif di internet marketing. Menulis dan mengedit adalah kegiatan saya selain kegiatan di perusahaan. Untuk internet marketing, saya memiliki Abi Network, dimana disana kami menghimpun beberapa website dalam satu jaringan. Berbagi adalah kesenangan utama saya, menciptakan karya dan mengkaryakan orang lain.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *