Kenapa kita harus bekerja?

Diposting pada

Kenapa kita harus bekerja?

Bekerja adalah rutinitas yang terus kita lakukan tiap hari, masing-masing punya alasan kenapa kita harus bekerja?. Tentunya jawabannya akan berbeda-beda tiap orang.

Ya, karena bekerja adalah kegiatan yang diikuti oleh suatu kepentingan pribadi, jika tidak ada kepentingan kenapa harus bekerja?.

Bekerja karena butuh uang, kenapa butuh uang? karena tidak bisa dipungkiri hidup itu butuh uang. Jadi siapa yang tidak butuh uang? Jadi ada kepentingan untuk mendapatkan uang.

Bekerja karena kewajiban, kewajiban dari siapa? Bisa jadi kewajiban sebagai kepala rumah tangga. Kewajiban untuk menafkahi istri dan anak-anak, bekerja untuk bisa membeli kebutuhan rumah tangga dengan uang.

Bekerja karena hobi, wah yang satu ini “mungkin” unik. Bekerja karena kesenangan dan apapun itu tetap muaranya untuk memenuhi kepentingan pribadi.

Kenapa kita harus bekerja? apa jadinya kalau kita tidak bekerja?
Pada dasarnya adalah manusia itu makluk hidup yang punya naluri bertahan dan mempertahankan hidup (survive). Dengan semampu mungkin melakukan suatu kegiatan untuk bertahan hidup.

Sederhana saja, dalam hitungan waktu kita akan merasa lapar, agar kembali kenyang kita harus makan, agar kita bisa makan kita harus punya bahan makanan untuk di masak, agar mendapatkan bahan makanan kita harus menanam, tanpa disadari apapun yang kita lakukan tersebut sudah termasuk bekerja. jadi bekerja itu melakukan sesuatu untuk mendapatkan sesuatu atau keadaan yang lebih baik.

Apa jadinya kalau kita tidak bekerja? 

Tentunya akan tetap pasif dan tidak ada perubahan, tidak makan tidak minum dan tidak melakukan apapun akibatnya tidak akan mendapatkan apapun selain semakin parah fisik dan pikiran.
[post_ads]

Bagaimana cara memulai bekerja? 

Berfikir bahwa kita masih ingin hidup dan semangat bertahan hidup, memulai dipagi hari dengan membersihkan diri agar pikiran segar dan fresh dan terus berfikir kita harus punya cita cita, punya semangat perubahan pada diri sendiri, punya gairah hidup yang menyemangatkan waktu sepanjang hari.

Apa yang didapatkan dari bekerja?

Banyak hal yang didapatkan dari bekerja, tentunya materi yang tersedia entah cukup atau belum merasa cukup. Tapi yang terpenting adalah dengan bekerja dan terus bergerak menunjukkan bahwa kita masih punya naluri bertahan hidup, itu naluri yang sangat mendasar sebagai manusia.

Dengan bekerja, kita lebih berpeluang lebih besar menciptakan kwalitas hidup yang lebih baik, dengan peluang yang lebih besar memungkinkan kita bisa mendapatkan apapun yang kita inginkan sepanjang kemampuan kita.

Jadi disini bekerja pada prinsipnya adalah kegiatan yang mengandung suatu kepentingan pribadi, yang berbeda beda yang pada intinya dengan tujuan yang sama yaitu perubahan dan bertahan hidup.
Ayo terus bekerja.
Gambar Gravatar
Saya bekerja di perusahaan Marine Service, saya juga seorang publisher dan aktif di internet marketing. Menulis dan mengedit adalah kegiatan saya selain kegiatan di perusahaan. Untuk internet marketing, saya memiliki Abi Network, dimana disana kami menghimpun beberapa website dalam satu jaringan. Berbagi adalah kesenangan utama saya, menciptakan karya dan mengkaryakan orang lain.

6 thoughts on “Kenapa kita harus bekerja?

  1. ehm.. boleh komentar ya…

    Yang saya lihat di dunia nyata ini, 99% orang itu tidak ingin bekerja.
    mereka yang saat ini bekerja, sebenarnya juga tidak menyukai pekerjaannya.
    jika mereka saat ini masih bekerja, mereka sebenarnya hanya butuh uang (gaji) dari hasil kerjanya. Bukan pekerjaannya.

    gampang saja untuk menilainya..
    misalnya Andi bekerja dengan gaji 5 juta per bulan.

    sekarang misalnya Andi saya kasih uang 5 juta setiap bulannya, tapi Andi saya suruh berhenti dari pekerjaannya. Andi akan dengan senang hati ingin melakukannya, bahkan sangat berterima kasih kepada saya.

    terus sisanya yang 1%? mereka menyukai pekerjaannya dong? iya… bila dilihat dari apa yang mereka lakukan.

    misalnya orang yang buka toko atau usaha sendiri…
    apapun alasan sebenarnya, mereka melakukan pekerjaanya dengan giat sekali meskipun tidak digaji, tidak masalah mereka bekerja 8 jam, 12 jam sampai 48 jam sekalipun mereka akan lakukan, yang penting usahanya / tokonya menghasilkan uang, tapi diinya kerja bakti buat usahanya..

    1. Wah kalau melihat angka persentase-nya mengerikan amat ya Gan?
      …namun kenyataan memang demikian, motivasi untuk bekerja itu adalah "hasil", dan sebagian besar orang berfikir yang dimaksud hasil itu adalah upah, gaji berupa uang.
      Apapun tujuannya, entah uang entah jasa entah pahala atau yang lainnya.
      …yang terpenting adalah keberanian memulainya, keberanian untuk terus bertahan hidup.
      Pembahasan Agan Heru luar biasa , 100% dari yang bekerja apapun alasan bekerjanya adalah hanya sebagian, sementara yang lainnya masih dalam tahap bagaimana saya bekerja? Bagaimana saya memulai bekerja?
      Saya mengasumsikan bekerja adalah kegiatan melakukan sesuatu untuk berubah, agar sedikit ataupun banyak ada perubahan dalam hidup.
      Monggo dilanjut bekerja Agan Heru Darmawan. Dan…
      Matur nuwun sudah mampir di blog saya…..

  2. Baguss sekali tulisanya. tetapi di negeri ini memang sangat kompleks. banyak sekali saya lihat orang bekerja pada bidang yang tidak sesuai minat karena terdesak kebutuhan. akan tetapi secara keseluruhan Orang Indonesia sangat membanggakan, pekerja keras. Generasi muda jangan malas yah,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *